Rabu, 11 Juni 2014

PENGGUNAAN FUNCTION PADA BAHASA PEMPROGRAMAN PASCAL UNTUK MENGHITUNG JUMLAH SALURAN TRANSMISI YANG MUNGKIN TERBENTUK PADA SEJUMLAH BTS DALAM SUATU DAERAH

Program procedure dalam pascal adalah pemprograman dengan menggunakan bahasa pascal dengan menggunakan bantua struktur procedure. Jadi procedure  itu sendiri adalah sebuah salah satu struktur penulisan yang ada dalam penulisan program dengan menggunakan bahasa pasca. Penggunaan procedure ini sebenarnya sama dengan penggunaan function pada pascal.  Tujuan dari penggunaan procedure dalam pascal adalah untuk mempermudah dan mempersingkat programer dalam membuat program, khususnya untuk program yang membutuhkan analisa tinggi. Jika dalam postingan sebelumnya telah disampaikan mengenai seleksi kondisi sekarang akan disampaikan mengenai procedur dalam pascal.
Membahas bagaimana menghitung jumlah saluran transmisi yang mungkin diperoleh dalam sejumlah BTS pada suatu daerah, namun perbedaannya terletak pada penulis menggunakan Function dalam bahasa pemprograman pascal untuk mendapatkan jumlah saluran yang ingin diketahui.
Berikut ini adalah listing program yang digunakan dalam perhitungan jumlah saluran transmisi yang mungkin diperoleh.
Penjelasan Program diatas adalah sebagai berikut:
Penjelasan listing program pertama ini adalah pendeklarasian dari bagian subprogram utama dengan memberikan judul function dan juga terdapat penggunaan rumus function didalamnya. Judul function yang digunakan adalah “Saluran Transmisi” dan variabel “output” adalah rumus dari function itu sendiri.
Penjelasan listing program kedua yaitu pendeklarasian pada program utama, di program utama ini memiliki suatu nilai variabel yang kemudian akan dimasukkan ke dalam rumus yang telah diinput dalam program function tersebut.
Penjelasan listing program yang terakhir adalah penjelasan untuk bagian utama pada program function didalam pascal, Clrscr digunakan untuk membersihkan layar dalam pascal setelah program sebelumnya selesai dikerjakan. Kemudian variabel writeln digunakan untuk menampilkan kata atau tulisan yang berada pada tanda petik.
Untuk memudahkan dalam memahami program yang penulis buat maka penulis membuat program tersebut kedalam bentuk flowchart seperti yang telihat pada gambar dibawah ini.

Penjelasan mengenai flowchart diatas ialah
Start : Untuk memulai program awal, Dimisalkan suatu daerah terdapat enam buah BTS. Seorang operator yang memantau di kantor pusat ingin mengetahui kombinasi jumlah saluran transmisi yang dapat dibentuk atau diterima oleh ke-enam BTS tersebut. Berdasarkan teori yang ada, untuk menghitung jumlah saluran transmisi (b) untuk n BTS yang terdapat dalam suatu tempat dapat menggunakan persamaan sebagai berikut :

Kemudian Berdasarkan persamaan di atas, jika di suatu daerah terdapat enam BTS, maka banyaknya saluran transmisi yang dapat dibentuk adalah sebanyak :


Dari hasil perhitungan di atas, maka kita dapat membuat sebuah program dalam bahasa pemrograman PASCAL menggunakan perintah procedure.
Sumber Artikel :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar